Minggu, 31 Maret 2013

Pijat Nikmat Penghalau Stres

Pijat adalah salah satu cara menghilangkan stres yang cukup diminati warga perkotaan. Tekanan lembut di tubuh itu sanggup merelakskan tubuh dan pikiran mereka yang cenderung memiliki tingkat stres tinggi.
Ada banyak varian pijat. Salah satunya adalah pijatan Emotional Freedom Technique (EFT). Teknik pemijatan yang memadukan akupresur China kuno dengan psikologi modern.
Berdasar hasil riset, pijatan ini efektif menurunkan kadar hormon stres kortisol dalam tubuh dan mengirim sinyal penenang ke amygdala untuk menekan efek negatif stres, seperti dilansir Women’s Health.
Melakukan pijatan ini dengan benar secara reguler juga membuat sirkulasi darah membaik, tidur lebih berkualitas, otot dan sendi lebih relaks, sistem imun serta pencernaan meningkat. “Serta perbaikan fokus dan kesehatan mental,” kata Jessica Ortner, produser film dokumenter yang menekuki perkembangan pijatan.
Mulailah dengan memejamkan mata. Bayangkan suasana yang membuat relaks. Gunakan ujung telunjuk dan jari tengah untuk menekan titik-titik pemijatan sembari mengucap sugesti penguatan diri sebanyak tiga kali. “Walau saya memiliki masalah ini (sebutkan masalahnya), saya menerima diri saya.”
Titik-titik pijatan yang dapat meringankan stres: bagian sisi tangan, ujung alis dekat tulang hidung, tepi tulang rongga mata, bagian bawah mata, bagian bawah hidung, dagu, bagian bawah leher, dan ubun.
Lakukan langkah sama dengan tiga kali tekanan untuk setiap titik. Setelah semua titik menerima rangsangan, tutup sesi pemijatan dengan menarik napas dalam-dalam. Hembuska perlahan. Ulangi seperlunya hingga merasa relaks.
Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar